Fungsi DI box


Direct Injection ato biasa dikenal DI box, memiliki fungsi utama sebagai penguat signal dan juga berfungsi untuk menekan suara noise
- Menguatkan sinyal
Sinyal yang lemah yang diakibatkan dari hambatan kabel saat meneruskan sinyal suara , misal dari ampli ke mixer, jika jarak dari panggung ke mixer FOH lebih dari 30 meter maka sinyal biasanya akan melemah karena kabel yang terlalu panjang ato ada hambatan-hambatan lainnya.
Dengan adanya DI box sinyal yang lemah dapat di dorong kembali sehingga ketika sampai ke mixer sinyal suara lebih stabil.
 - Meredam noise
Suara noise juga dapat di tekan dengan adanya jack balance 3 kaki ( xlr jack ). Ada 2 macam DI box, pasive & active. Keduanya mempunyai keunggulan tersendiri.

Beragam merek DI box berkualitas seperti hughes&kettner, radial, bbe, boss dengan harga yang lumayan mahal, namun banyak juga DI box yang lebih murah tetapi cukup berkualitas seperti behringer dll.

1 komentar:


  1. gan bermanfaat sekali artikelnya, nah gan saya mau bertanya nih.
    Saya kan kebetulan pemain bass dan biasa isi gigs2 wedding, terkadang pihak sound system venuenya ga make DI Box gan dan juga gak ada ampli bass nya juga, jadi dia langsung masuk semua ke speaker out. yg mau saya tanya, knpa sound bass saya kdg2 krg maksimal? entah kcil, atau bahkan bass dangdut, padahal bass saya lumayan oke gan, oia bass saya pckup aktif. Apakah di ini bisa jadi solusi buat gigs2 ane gan? kalo iya bagaimana gan setup idealnya?

    BalasHapus